Kepala Kan kemenag Kab Kudus Lepas TIM MAN 1 Kudus ke Final MYRES 2022 di Jakarta

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kudus kembali mengukir prestasi membanggakan dengan menempatkan dua siswinya sebagai finalis karena lolos babak Grand final pada event Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) tingkat MTs dan MA se Indonesia tahun 2022.

Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2022 adalah ajang kompetisi tingkat nasional untuk penulisan karya ilmiah bagi siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Bidang penelitian lomba Myres dikelompokkan menjadi tiga yaitu Ilmu Keagamaan, Ilmu Sosial dan kemanusiaan, Ilmu Matematika, Sains dan Teknologi. Dibanding tahun-tahun sebelumnya, Myres menjadi ajang karya tulis ilmiah bagi siswa MTs dan MA dengan pendaftar terbanyak tahun ini, yaitu sebanyak 9.220 peserta telah mendaftar MYRES 2022.

Melalui ajang tersebut siswa madrasah yang mempunyai minat bakat di bidang riset dapat membuat karya-karya atau ide-ide kreatif dan inovatif. Tahapan Pelaksanaan Kompetisi diawali dengan pendaftaran dan pengunggahan Proposal Penelitian, dilanjutkan dengan Penilaian Proposal Penelitian, Presentasi dan penilaian semifinalis, Supercamp dan mentoring
Grand Final & MYRES Expo 2022.

Tim riset MAN 1 Kudus lolos proposal sebanyak 3 Tim dan pada akhirnya yang lolos Grand Final MYRES 2022 Bidang Matematika, Sains, dan Teknologi besok pada 10-15 Oktober 2022 di Jakarta, ada 1 tim yang beranggotakan Zada Rizqiya Syabana Attaqa, Fatikha Nafisal Mughni Kelas XI MIPA 8 serta pembimbing Nurul Khotimah, S. Pd. Judul penelitian karya inovatifnya yaitu “SITA DANA CEPAT (Sintesis Komposit Serat Abaca terhadap Kekuatan Bahan Carbon Fiber Pesawat Terbang).”

Apresiasi yang luar biasa juga diberikan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kudus yaitu Bapak H. Suhadi, S. Ag, M. Si kepada Tim Riset MAN 1 Kudus. Doa restu persiapan Grand Final MYRES juga diberikan beliau dalam apresiasi Apel Sore dan Doa bersama seluruh karyawan Kemenag Kab. Kudus pada Jumat 7 Oktober 2022 pukul 16.15 WIB sebagai wujud support untuk Tim Riset yang akan berlaga di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur mampu mebawa pulang juara, sehingga mampu memotivasi Madrasah lainnya yang berada di Kudus.

Berkat banyaknya apresiasi dan dukungan dari berbagai instansi serta masyarakat, MAN 1 Kudus terus berkiprah pada berbagai kompetisi baik dikancah Nasional maupun Internasional. Tidak hanya unggul di bidang tahfidz yang sudah banyak mencetak para penghafal Al-Quran, tetapi bidang Riset (SIP) juga sudah mununjukkan taringnya dengan berbagai prestasinya di Kancah Internasional dan Nasional. Bahkan banyak Madrasah lain yang menjadikan MAN 1 Kudus sebagai rujukan riset untuk belajar dan menimba ilmu bersama, yangmana sejalan dengan program Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui program “Sahabat Madrasah”.

Kepala MAN 1 Kudus Bpk. Drs. H. Taufik, M. Pd berharap, “Semoga MAN 1 Kudus diberikan kemudahan, kelancaran dan kesuksesan, khususnya untuk Tim unggulan Riset SIP (Science and Innovation Program) yang akan mengikuti Grand final MYRES Kementerian Agama RI tahun 2022. Mohon doa restunya selalu untuk MAN 1 Kudus sehingga bisa meraih prestasi demi prestasi kedepannya, aamiin..”.(Tim Humas M1K)

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Fikri Agni Firdaus, Pelajar MAN ...
(KUDUS) – Kamis, 10 November 2022, diumumkan secara online pem...
Cintai Geografi Sejak Dini, Sisw...
Info Prestatif  – Siswa MAN 1 Kudus berhasil meraih...
Ciptakan Peternakan Cerdas, Sisw...
Info Riset – Siswa MAN 1 Kudus berhasil meraih Juara 1 d...
Penerimaan Anggota Baru dan Pela...
Ahad, 13 November 2022. Esktrakurikuler Palang Merah Remaja (P...
Juara 1 LKTI FSAD FAIR, Siswa MA...
Tim Riset MAN 1 Kudus berhasil meraih Juara ke 1 di ajang FSAD...
Siswa MAN 1 Kudus, Sabet Juara 2...
Siswa MAN 1 Kudus berhasil meraih juara dalam ajang lomba KREN...